COMPONENT – BOARD ARDUINO

   

Menurut wikipedia

A microcontroller (sometimes abbreviated µC, uC or MCU) is a small  computer on a single integrated circuit containing a processor core, memory, and programmable input/output peripherals. 

Dalam diskusi sehari-hari dan di forum internet, mikrokontroller sering dikenal dengan sebut µC, uC, atau MCU. Terjemahan bebas dari pengertian tersebut, bisa dikatakan bahwa mikrokontroller adalah komputer yang berukuran mikro dalam satu chip IC (integrated circuit) yang terdiri dari processor, memory, dan antarmuka yang bisa diprogram. Jadi disebut komputer mikro karena dalam IC atau chip mikrokontroller terdiri dari CPU, memory, dan I/O yang bisa kita kontrol dengan memprogramnya. I/O juga sering disebut dengan GPIO (General Purpose Input Output Pins) yang berarti : pin yang bisa kita program sebagai input atau output sesuai kebutuhan.

Board Arduino terdiri dari hardware / modul mikrokontroller yang siap pakai dan software IDE yang digunakan untuk memprogram sehingga kita bisa belajar dengan mudah. Kelebihan dari Arduino yaitu kita tidak direpotkan dengan rangkaian minimum sistem dan programmer karena sudah built in dalam satu board. Oleh sebab itu kita bisa fokus ke pengembangan sistem.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 177 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>