GERBANG LOGIKA – GATE XNOR IC TTL 74266 | ILMU PROGRAMMER
Home » GERBANG LOGIKA – GATE XNOR IC TTL 74266

GERBANG LOGIKA – GATE XNOR IC TTL 74266

Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.

Gerbang XNOR.

Gerbang XNOR sebenarnya gabungan dari NOT , AND dan gerbang OR terlihat seperti gambar berikut :

Disingkat menjadi :

Gerbang X – NOR hanya akan menghasilkan output dengan logika 1 jika semua input secara bersamaan nernilai sama. Gerbang X – NOR tidak lain adalah Gerbang XOR dengan output yang dibalik.

Tabel Kebenaran (Truth Table).

IC TTL 74266.

IC TTL adalah IC yang banyak digunakan dalam rangkaian digital karena menggunakan sumber tegangan (VS) antara 4,75 Volt sampai 5,25 Volt. Komponen pembangun IC TTL(transistor-transistor logic) adalah sesuai dengan namanya IC ini berisi beberapa transistor yang digabungkan sehingga membentuk dua keadaan (ON/FF).

IC TTL 74266 adalah IC untuk membuat rangkaian XNOR.

Jika Anda ingin mencoba membuat rangkaian ini, harga IC TTL 74266 yang berada di pasaran adalah +/- Rp. 5.400 perak, murah bukan ? selamat bereksperimen.

1 thought on “GERBANG LOGIKA – GATE XNOR IC TTL 74266”

Leave a Comment

 
Open chat
Perlu Bantuan Konsultasi ?
Hallo Pembaca.
Telp (021) 55670115 untuk terhubung langsung dengan kami.

Apakah ada yang bisa kami bantu?