PENJELASAN SAP ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI)

Intermediate Documents (IDocs) adalah format pertukaran data yang umum. Antarmuka IDoc memungkinkan Anda bertukar data dengan sistem eksternal. IDocs biasanya digunakan dengan teknologi Electronic Data Interchange (EDI) dan Application Link Enabling  (ALE) untuk bertukar data dengan sistem eksternal.

Bekerja dengan IDocs dalam skenario EDI dan ALE adalah proses yang kompleks dan memerlukan banyak konfigurasi, seperti RFC destinations, port definitions, partner profiles, dan sebagainya agar tetap terjaga dalam sistem. Ini melibatkan bantuan administrator sistem dan konsultan fungsional untuk melakukan tugas yang berbeda. Sebagai programmer ABAP, peran Anda terbatas pada pengembangan program IDocs dan posting.

PENJELASAN SAP ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI)

EDI adalah cara yang populer untuk bertukar dokumen bisnis antar perusahaan. Misalnya, katakanlah bahwa perusahaan Maju Mundur biasanya mendapatkan bahan baku dari vendor yang berbeda. Vendor ini dikenal sebagai mitra bisnis. Ketika perusahaan Maju Mundur ingin mendapatkan bahan baku yang berbeda dari mitra bisnisnya, perusahaan tersebut perlu mengirimkan pesanan pembelian. Dalam skenario tipikal, pesanan pembelian dibuat di sistem perusahaan Maju Mundur dan dikirim ke mitra bisnis melalui surat atau faks. Seseorang di mitra bisnis memasukkan detail pesanan pembelian ke dalam sistem internal mitra untuk menghasilkan faktur. Mitra bisnis kemudian mengirimkan faktur ke perusahaan Maju Mundur. Operator di perusahaan Maju Mundur memasukkan rincian faktur ke dalam sistem untuk diproses.  Secara manual bertukar dokumen bisnis adalah proses yang memakan waktu, mahal, dan rawan kesalahan. Misalnya, bagaimana jika operator memasukkan detail pesanan pembelian secara tidak benar saat membuat faktur karena faks yang tidak terbaca?

Manual Exchange of Business Documents

Manual Exchange of Business Documents

Agar mudah bagi organisasi yang berbeda untuk bertukar dokumen bisnis, diperlukan proses yang lebih otomatis. Namun, organisasi yang berbeda menggunakan sistem yang berbeda, dan data yang sama dapat memiliki format yang berbeda, satu unik untuk setiap sistem. Perusahaan Maju Mundur dapat membuat dokumen dalam format tertentu-misalnya tanggal dengan format YYYYMMDD.

Saat dokumen ini dikirim ke mitra bisnis, sistem mitra bisnis mungkin menggunakan format tanggal yang berbeda untuk data yang sama. Misalkan, katakanlah sistem mitra bisnis menggunakan format MMDDYY untuk tanggal tersebut. Bila sistem yang berbeda menggunakan format yang berbeda untuk mewakili data yang sama, maka sulit untuk mengotomatisasi pertukaran data.

EDI membahas tantangan tersebut dengan mendefinisikan format standar untuk pertukaran data. EDI adalah pertukaran dokumen bisnis komputer-ke-komputer dalam format standar. Anda mungkin berpendapat bahwa mengirim dokumen melalui email juga merupakan cara elektronik untuk menukar dokumen bisnis-tapi ketika dokumen bisnis dikirim melalui email, Anda masih memerlukan operator untuk mengirim dokumen secara manual ke dalam sistem. EDI sepenuhnya mengotomatisasi proses pertukaran dokumen bisnis tanpa campur tangan manusia.

Karena EDI tidak melibatkan pertukaran dokumen berbasis kertas, ini memberikan keuntungan besar, seperti pengurangan biaya, pertukaran dokumen real-time, kesalahan yang berkurang, dan sebagainya. EDI benar-benar menghilangkan interaksi manusia dalam keseluruhan proses pertukaran dokumen bisnis.

EDI Process

EDI Process

EDI digunakan untuk menukar banyak dokumen bisnis, seperti pesanan pembelian, faktur, dokumen kustom, dokumen pengiriman, dan lainnya. Karena EDI meningkatkan kecepatan pemrosesan dokumen, maka EDI menyediakan keunggulan bisnis dibanding pesaing yang masih menggunakan pendekatan berbasis kertas.

Sekian penjelasan mengenai SAP ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI) , Semoga bermanfaat.

Wahyu Amaldi has written 73 articles

Hi Reader, thank you for read this article, i hope this article can be useful.
If you will share knowladge to me, dont forget contact to me.

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>