TCODE SE11 – PENJELASAN DATABASE TABLES PADA SAP ABAP DATA DICTIONARY

   

Database tables adalah salah satu objek terpenting dalam Abap Data Dictionary. Seperti yang Anda ketahui, setiap sistem SAP terdiri dari database relasional atau database memori yang digunakan, seperti SAP HANA. Namun, kita dapat mendefinisikan tabel secara independen dari database dalam ABAP Data Dictionary.

Kita tidak bekerja pada tingkat database untuk menentukan tabel database; Kita selalu menggunakan ABAP Data Dictionary untuk membuat tabel database. Setelah table didefinisikan dalam Abap Data Dictionary dan diaktifkan, sistem akan membuat tabel database secara fisik di database yang digunakan dengan struktur yang sama seperti definisi tabel yang didefinisikan dalam Abap Data Dictionary. Sistem secara otomatis menerjemahkan definisi tabel dalam Abap Data Dictionary ke definisi asli dari database yang digunakan.

Hal ini memungkinkan kita untuk tidak khawatir tentang spesifikasi database yang digunakan; Kamus Data ABAP bertindak sebagai middleware antara database dan sistem SAP.

Table Definition in ABAP Data Dictionary

Table Definition in ABAP Data Dictionary

Sebuah tabel transparan (transparent table ) dalam ABAP Data Dictionary memiliki proyeksi satu-ke-satu dari tabel database yang digunakan. Dengan kata lain, ketika kita mendefinisikan tabel transparan dalam Abap Data Dictionary, akan dibuat juga tepat satu tabel database dengan name dan field yang sama dibuat di database yang digunakan. Selain tabel transparan, kita dapat menentukan kategori tabel lainnya dalam Kamus Data ABAP, seperti cluster tables, pool tables, dan global temporary tables.

Database Object Created in Underlying Database

Database Object Created in Underlying Database

Tabel database dalam ABAP Data Dictionary terdiri dari komponen berikut:

  1. Tabel field: Setiap tabel database terdiri dari field. Field tabel mendefinisikan struktur tabel database. Setiap field tabel database didefinisikan sepenuhnya dengan menetapkan tipe data. Field mewakili kolom tabel, dan kunci utama tabel ada sebagai subkumpulan field tabel.
  2. Foreign key : Kunci asing menentukan hubungan antara tabel database saat ini dan tabel database lainnya dalam database.
  3. Technical settings : Pengaturan teknis mengendalikan pembuatan tabel database di database yang mendasarinya. Kita bisa menjaga setting yang berbeda, seperti ukuran tabel database awal, tablespace untuk membuat tabel database, dan sebagainya.
  4. Indexes : Field kunci dari tabel database membentuk indeks utama tabel database. Indeks sekunder tambahan dapat dibuat untuk mempercepat pemilihan data.

Sekian penjelasan mengenai DATABASE TABLES PADA SAP ABAP DATA DICTIONARY , Semoga bermanfaat.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 177 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>