Pada Tutorial kali ini penulis akan memuat sebuah pesan konfirmasi di dalam bahasa pemrograman ABAP, berikut contoh code programnya :
Implementasi Function Module
REPORT zwahyu. DATA: _click TYPE c. CALL FUNCTION 'POPUP_TO_CONFIRM' EXPORTING TITLEBAR = 'KONFIRMASI' * DIAGNOSE_OBJECT = ' ' text_question = 'Belajar ABAP Mudah?' * TEXT_BUTTON_1 = 'Ja'(001) * ICON_BUTTON_1 = ' ' * TEXT_BUTTON_2 = 'Nein'(002) * ICON_BUTTON_2 = ' ' * DEFAULT_BUTTON = '1' * DISPLAY_CANCEL_BUTTON = 'X' * USERDEFINED_F1_HELP = ' ' * START_COLUMN = 25 * START_ROW = 6 * POPUP_TYPE = * IV_QUICKINFO_BUTTON_1 = ' ' * IV_QUICKINFO_BUTTON_2 = ' ' IMPORTING ANSWER = _click * TABLES * PARAMETER = * EXCEPTIONS * TEXT_NOT_FOUND = 1 * OTHERS = 2 . IF sy-subrc = 0. * Implement suitable error handling here ENDIF. WRITE _click. |
Keterangan :
TITLEBAR : Teks yang akan ditampilkan pada title bar dari kotak dialog modal.
DIAGNOSE_OBJECT : Teks diagnosis (DOKHL-OBJECT). Ini harus diciptakan dan di maintained melalui T-Code SE61, kelas dokumen sama dengan Text Dialog (DT).
TEXT_QUESTION : Baris teks yang akan ditampilkan di Kotak Dialog Modal. Panjang layar disesuaikan secara dinamis.
TEXT_BUTTON_1 : Teks yang akan ditampilkan pada Tombol 1.
ICON_BUTTON_1 : Ikon untuk ditampilkan pada Tombol 1.
TEXT_BUTTON_2 : Teks yang akan ditampilkan pada Button 2.
ICON_BUTTON_2 : Ikon untuk ditampilkan di Button 2.
DEFAULT_BUTTON : Posisi Kursor
DISPLAY_CANCEL_BUTTON : ‘X’ atau SPACE. ‘X’ untuk menampilkan tombol batal
USERDEFINED_F1_HELP : Harus dibuat dan di maintained melalui T-Code SE61 (DOKHL-OBJECT). Ini akan membuat tombol informasi tambahan setelah tombol 2 dan sebelum tombol batal (jika ada).
START_COLUMN : posisi X kotak dialog modal
START_ROW : posisi Y kotak dialog modal
POPUP_TYPE : Ikon akan ditampilkan di sisi kiri dialog modal. Nilai yang diizinkan mencakup ‘NO_ICON’ atau nama ikon dalam daftar berikut:
IV_QUICKINFO_BUTTON_1 : Informasi Cepat Teks yang akan ditampilkan saat kursor bergulir di atas tombol 1.
IV_QUICKINFO_BUTTON_2 : Informasi Cepat Teks yang akan ditampilkan saat kursor bergulir di atas tombol 2.
ANSWER : Jika tombol di tekan akan menghasilkan nilai (return).
Nilai ‘A’ jika Tombol “Batal” di klik
Nilai ‘1’ jika Tombol “1” di klik
Nilai ‘2’ jika Tombol “2” di klik
Hasil :
Video: