DIALOG PROGRAMMING ABAP – UNDERSTAND COMPONENTS OF A DIALOG PROGRAM

Pemrograman dialog sangat berbeda dengan pembuatan program report. report secara tradisional menyediakan akses read-only ke database, program dialog memungkinkan pengguna untuk membuat dan memperbarui data (CRUD). Misalnya, jika pengguna membutuhkan aplikasi untuk membuat sales order di mana kita ingin mendapatkan informasi tentang pesanan dan menyimpannya ke database, kita perlu mengembangkan program dialog untuk memungkinkan pengguna mendapatkan berbagai informasi tentang pesanan, validasi data, dan menyimpannya ke database. Namun, baik program report dan program dialog dapat bekerja secara bergantian, dan keduanya dapat digunakan untuk membaca dan memperbarui data.

Pada bagian ini, kita akan berkenalan dengan program dialog yang dapat digunakan untuk membuat screen. Berikut merupakan langkah dalam pembuatan program dialog di pemrograman Abap :

  • Create Screen : Bagian ini kita akan belajar untuk membuat screen pertama kali sebelum lanjut ke langkah berikutnya.
  • Screen Event : Pada bagian ini kita akan memahami bagaimana dialog diproses di SAP, seperti Process before output (PBO), Process after input (PAI), Process on help request (POH), Process on value request (POV).
  • Components of a Dialog Program : Program dialog terdiri dari berbagai objek. Object-Object tersebut tidak dieksekusi dengan sendirinya; Object tersebut terhubung ke program utama (program dialog) , objek ini dipanggil berdasarkan screen flow logic.
  • Basic Screen Elements : Pada bagian ini kita akan mengenal Element pada screen

UNDERSTAND COMPONENTS OF A DIALOG PROGRAM

Pada tutorial sebelumnya (baca : Screen Events) kita sudah berhasil membuat screen 0100 dan PBO (Process Before Output), masalahnya adalah ketika kita ingin menjalankan program yang kita buat, kita tidak bisa kembali lagi ke abap editor, sehingga menyusahkan user untuk kembali ke screen sebelumnya, ini lah yang disebut navigasi , di SAP sendiri lebih dikenal dengan GUI STATUS. Gui status merupakan salah satu dari componen dalam dialog programming pada bahasa ABAP, ada macam-macam componen di dalam Dialog Progamming, yaitu :

  1. Screen: Pusat Dialog Programming adalah screen, dan sebuah Dialog Programming mungkin lebih dari satu screen, screen ini di buat dengan menggunakan Screen painter. Dengan kata lain, setiap screen program diidentifikasi dengan nomor antara 1 dan 9999. Pada contoh sebelumnya kita sudah membuat screen dengan nomor 0100.
  2. GUI status : Setiap screen dapat memuat status GUI-nya sendiri. Status GUI mengontrol menu bar, standard toolbar, dan application toolbar dan meneruskan berupa even pengguna pada elemen tersebut sebagai kode fungsi ke program. GUI Status didefinisikan secara independen dari layar yang artinya dapat diakses hanya jika GUI Status di buat di dalam program kita sendiri.
  3. ABAP program : Semua logika pemrosesan dibuat dalam program ABAP dalam modul dialog, statemen tersebut di buat diantara MODULE dan ENDMODULE.

Pada tutorial kali ini mari kita latihan membuat GUI Status , Bukalah program YLATIHAN_DIALPROG yang sudah di buat sebelumnya.

Component Of Dialog Programming

Component Of Dialog Programming

Pada tutorial sebelumnya , kita telah berhasil membuat screen dan screen event berupa PBO Module , GUI Status dapat kita buat dengan cara klik kanan pada YLATIHAN_DIALPROG , pilih create, pilih gui status.

CREATE GUI STATUS - COMPONENT OF DIALOG PROGRAMMING

CREATE GUI STATUS – COMPONENT OF DIALOG PROGRAMMING

Create screen object untuk create GUI status akan tampil, pada status, buat nama sts_0100, pada short text ketik Gui Status Untuk Screen 0100.

CREATE OBJECT - GUI STATUS

CREATE OBJECT – GUI STATUS

Maka akan muncul tampilan maintain status sts_0100.

MAINTAIN GUI STATUS

MAINTAIN GUI STATUS

Pada function key, klik tanda panah disamping untuk menampilkan fungsi pada screen yang akan kita buat, dan tambahkan fungsi name close pada icon close.

FUNCTION KEY

FUNCTION KEY

klik save lalu active untuk menyimpan GUI Status yang telah kita buat, kembali ke program abap kita YLATIHAN_DIALPROG, tambahkan script berikut :

SET PF-STATUS 'STS_0100'.

Jadi Script semuanya menjadi :

REPORT  YLATIHAN_DIALPROG.
call SCREEN 0100.
*&---------------------------------------------------------------------*
*&      Module  STATUS_0100  OUTPUT
*&---------------------------------------------------------------------*
*       text
*----------------------------------------------------------------------*
MODULE STATUS_0100 OUTPUT.
  SET PF-STATUS 'STS_0100'.
*  SET TITLEBAR 'xxx'.
 
ENDMODULE.                 " STATUS_0100  OUTPUT

Klik save lalu active untuk menyimpan perubahan tersebut, Tampilan YLATIHAN_DIALPROG saat ini :

Ketika di jalankan :

Jika kita lihat, tombol close pada navigasi / gui status kita sudah tampil, namun ketika kita klik tombol tersebut belum bisa mengikuti perintah, karena belum di buatkan fungsi ketika even close tersebut di klik, inilah yang disebut Process after input (PAI) .

Ada 3 point yang di pelajari pada tutorial ini :

  1. GUI Status merupakan salah satu component dari Dialog Programming.
  2. Sebelum screen tampil, akan mengeksekusi PBO MODULE maka kita sisipkan SET PF-STATUS ‘STS_0100’ untuk menampilkan GUI STATUS yang sudah kita buat.
  3. Ketika screen tampil, jika kita ingin klik tombol close maka akan mengkesekusi PAI MODULE , PAI module akan di bahas pada tutorial selanjutnya.

Demikian tutorial kali ini, semoga artikel DIALOG PROGRAMMING ABAP – UNDERSTAND COMPONENTS OF A DIALOG PROGRAM dapat bermanfaat.

 

Wahyu Amaldi has written 73 articles

Hi Reader, thank you for read this article, i hope this article can be useful.
If you will share knowladge to me, dont forget contact to me.

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

2 thoughts on “DIALOG PROGRAMMING ABAP – UNDERSTAND COMPONENTS OF A DIALOG PROGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>