MEMAHAMI ARSITEKTUR SAP FIORI

   

Pada bagian ini, kita akan membahas arsitektur level tertinggi yang diikuti semua aplikasi SAP Fiori. Gambar 1 menunjukkan komponen arsitektur yang berbeda. SAP Fiori terdiri dari lapisan client/browser, Reverse Proxy, ABAP server, SAP HANA Extended Application Services (XS), dan backend database. Setiap lapisan memiliki tujuan yang jelas, dan dibundel dengan komponen yang membantu memenuhi tujuan tersebut. Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing lapisan:

Client/Browser :
Lapisan client/browser adalah tempat aplikasi SAP Fiori berjalan. SAP Fiori Launchpad adalah sebuah tampilan yang digunakan untuk masuk ke semua aplikasi SAP Fiori yang dapat dijalankan melalui ponsel, desktop, atau tablet.
Reverse proxy:
Sebuah reverse proxy adalah jenis server proxy yang biasanya berada di belakang firewall di jaringan pribadi dan mengarahkan request client ke backend server yang sesuai. reverse proxy menyediakan tingkat keamanan dan kontrol tambahan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas jaringan antara klien dan server. SAP merekomendasikan penggunaan SAP Web Dispatcher sebagai server reverse proxy.
ABAP servers:
ABAP frontend server direkomendasikan untuk semua jenis aplikasi. ABAP frontend server berisi lapisan UI dan infrastruktur komponen, serta SAP Gateway dengan dengan mengaktifkan OData. Server backend ABAP berisi logika bisnis backend dan model pencarian.
SAP HANA XS:
SAP HANA XS hanya diperlukan untuk aplikasi analitis. SAP HANA XS mereplikasi data dari server backend dan melakukan model ulang menggunakan model data virtual (VDM)
Backend server:
Database backend dapat berupa database untuk aplikasi transaksional atau database SAP HANA.

Demikian artikel mengenai MEMAHAMI ARSITEKTUR SAP FIORI.

Semoga membantu.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 178 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

One thought on “MEMAHAMI ARSITEKTUR SAP FIORI

  1. Rahmat says:

    Dear Ilmu program,
    Salam kenal, Terima kasih di web ini saya belajar banyak dengan SAP. saya seorang pekerja yang biasa menggunakan ERP Ellipse dan rencana akan migrasi ke SAP tahun 2019.
    boleh saya di bantu untuk module yang berkaitan dengan finance dan maintenance. saya juga biasa menggunakan report brio di ellipse untuk pembuatan laporan. mohon di share pdf-nya Terima kasih. Rahmat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>