SAPSCRIPT – HOW CREATE CONDITION IN FORM PAINTER (IF STATEMENT)

Jika kita membuat program di non SAP , maka kita biasanya mengenal report seperti Crystal Report untuk melakukan desaign print dari data, pada SAP, report tersebut di kenal dengan FORM, SAP FORM pertama di SAP adalah teknologi SAPscript. Pada rilis 4.6, SAP memperkenalkan Smart Forms, yang mempermudah pembuatan output form dengan memungkinkan pemodelan logika dan output menggunakan alat grafis. Dalam rilis 6.40, SAP memperkenalkan FORM Adobe, di mana editor grafis jauh lebih mudah digunakan dan memiliki lebih banyak fungsi, dan output dibuat sama persis dengan apa yang dirancang di editor (PDF).

SAPScript walaupun form lama, di SAP  ada beberapa yang masih di pakai, seperti print petty cash atau bisa menggunakan tcode FBCJ dan lakukan print , sebenarnya bisa di alihkan ke Adobe Form (sesuai konfigurasi module FI), namun tidak jarang masih banyak perusahaan yang masih memakai Sapscript sebagai form untuk print nya.

Pada tutorial ini saya ingin share bagaimana membuat kondisi IF pada sapscript, Berikut script yang digunakan untuk membuat kondisi (IF STATEMENT) pada page Sapscript:

Perhatikan gambar diatas, ada kondisi dimana jika company code (BUKRS) nya adalah 1000 maka akan tampil tulisan “ini merupakan hasil kondisi company code 1000” dan jika company code nya 2000 maka akan tampil “ini merupakan hasil kondisi company code 1000”.

Masih bingung cara membuat sapscript dari awal? Nantikan tutorial berikutnya.

Wahyu Amaldi has written 73 articles

Hi Reader, thank you for read this article, i hope this article can be useful.
If you will share knowladge to me, dont forget contact to me.

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>