Pengenalan dan Pengertian Google App Engine (GAE) pada Google Cloud Platform

   

Google App Engine adalah sebuah platform-as-a-service (PaaS) dari Google yang menyediakan layanan untuk meng-hosting aplikasi mulai dari web dan mobile atau IoT backend. Dengan App Engine, Anda hanya perlu fokus dalam mengembangkan aplikasi dan mengunggahnya ke Google App Engine. Infrastruktur yang digunakan untuk menjalankan aplikasi sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Google. App Engine juga akan secara otomatis menaikkan sumber daya (scale up) jika terjadi lonjakan jumlah pengguna dan mengurangi (scale down) menyesuaikan dengan jumlah pengguna.

Secara hirarki, App Engine berada di bawah project, dan di dalam satu project hanya dapat memiliki satu App Engine saja. Namun demikian, di dalam application ini nantinya bisa dibuat beberapa service. Ketika membuat application, akan mendapat satu service bernama default. Aplikasi App Engine tergambar pada ilustrasi berikut ini:

Demikian pengenalan singkat mengenaik Google App Engine, Semoga bermanfaat.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 178 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>