Pengenalan dan Pengertian Google Cloud Storage (GCS)

   

Google Cloud Storage merupakan layanan penyimpanan dari Google Cloud yang ditujukan untuk menyimpan berkas berbasis data individual yang dapat disimpan pada penyimpanan cloud.

Layanan penyimpanan object seperti ini digunakan untuk menyimpan berkas-berkas yang digunakan pada aplikasi supaya tidak membebani penyimpanan database atau penyimpanan pada komputer/mesin virtual.
Untuk menyimpan berkas ke dalam Google Cloud Storage (GCS) kita perlu terlebih dulu membuat wadah penyimpan / bucket data kita. Bucket harus memiliki nama yang bersifat unik secara global. Ketika membuat bucket, kita perlu menentukan kelas penyimpanan. Kelas penyimpanan yang bisa digunakan antara lain:

Multi-Regional. Jenis penyimpanan yang cocok bagi Anda yang membutuhkan penyimpanan dengan ketersediaan tinggi dan di beberapa region sekaligus.

Regional. Bucket hanya akan disimpan di satu region. Ini cocok bagi Anda yang membutuhkan akses lokal dengan performa yang tinggi.

Nearline. Jenis penyimpanan untuk data yang jarang diakses. Ini cocok untuk menyimpan data backup yang diakses kurang dari satu bulan sekali karena memiliki biaya penyimpanan yang rendah dan memerlukan biaya akses.

Coldline. Jenis penyimpanan untuk data yang sangat jarang diakses. Ini cocok untuk menyimpan data backup yang hanya diakses sekali setahun karena memiliki biaya penyimpanan yang paling rendah dan biaya akses yang lebih tinggi dari nearline.

Object yang disimpan pada GCS memiliki 2 komponen, yaitu object data dan object metadata. Object data adalah konten dari berkas itu sendiri, sementara object metadata adalah kumpulan pasangan name-value yang menggambarkan kualitas object. Sebuah object harus memiliki nama yang unik dalam sebuah bucket. Kita dapat menyimpan object secara tidak terbatas di dalam sebuah bucket, sementara satu object memiliki ukuran maksimum hingga 5 TB.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 178 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>