Pengenalan dan Pengertian Cloud SQL Google

   

Cloud SQL merupakan layanan basis data relasional dari Google Cloud Platform yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan kita dalam membuat, mengatur, dan mengelola database pada cloud. Kita tidak perlu lagi memikirkan mengenai hardware, replikasi, dan update karena Cloud SQL sepenuhnya dikelola oleh Google Cloud. Cloud SQL mendukung 2 database engine yaitu MySQL dan PostgreSQL.

CLOUD SQL

Database relasional merupakan jenis basis data yang dapat menyimpan data-data yang terstruktur sesuai dengan skema data yang ditentukan. Jenis database ini disebut relasional karena data yang disimpan dapat dihubungkan dan saling berelasi satu sama lain. Kelebihan yang didapatkan dari menggunakan jenis database ini adalah konsistensi yang tinggi dan pilihan query yang kaya sehingga bisa menampilkan data sesuai dengan kebutuhan untuk bisa menjawab berbagai pertanyaan terkait bisnis.

Konsep dalam database:

Table: Sebuah tabel terdiri dari sejumlah data yang memiliki atribut yang sama. Tabel merepresentasikan sebuah entitas atau objek dari data yang disimpan. Sebagai contoh pada basis data universitas, tabel digunakan untuk merepresentasikan mahasiswa, dosen, mata kuliah, dll.

Column: Kolom atau biasa juga disebut sebagai atribut adalah karakteristik yang mendeskripsikan sebuah tabel. Ketika membuat tabel, kita perlu menentukan skema tabel yang terdiri dari kolom-kolom sebagai atribut dari tabel tersebut. Misalnya, kolom NIM, nama, alamat, dan jurusan pada tabel mahasiswa.

Row: Baris atau row dikenal juga dengan istilah record. Satu baris data menunjukkan satu data unik yang terdiri dari beberapa atribut dan biasanya memiliki identifier berupa key.

Key: Setiap baris pada tabel harus memiliki satu key yang unik. Key ini bisa digunakan sebagai entitas dan untuk menghubungkan antara satu tabel dengan tabel yang lain. Ada 2 jenis key yang umum digunakan yaitu Primary Key (PK) dan Foreign Key (FK). Primary Key haruslah unik karena merupakan identitas utama pada sebuah baris data. PK yang menjadi atribut pada tabel lain menjadi Foreign Key dari tabel tersebut.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 178 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>