Pengenalan Machine Learning beserta contoh dan programnya

   

Saat kita menandai satu email sebagai spam, maka program akan mempelajari anatomi email tersebut untuk mengantisipasi email-email masuk berikutnya spam atau bukan. Jika mirip, sebuah email baru akan masuk kategori spam, dan sebaliknya, inilah contoh sederhana machine learning, dan kita akan mempelajari lebih dalam mengenai machine learning.

Machine learning adalah sebuah cabang dari AI. Kecerdasan buatan memiliki pengertian yang sangat luas, umumnya memiliki arti bagaimana komputer bisa memiliki kecerdasan seperti manusia. Sedangkan ML memiliki arti lebih spesifik yaitu menggunakan metode statistika untuk membuat komputer dapat mempelajari pola pada data.

Ok kembali lagi ke email spam, Machine Learning akan secara otomatis mempelajari pola kata-kata yang menentukan sebuah email spam atau bukan. Machine Learning pun menjadi relatif lebih sederhana dan mudah untuk dipelihara. Kita coba membuat flowchartnya:

Ada beberapa jenis Machine Leearning, diantaranya:
[1] Supervised Learning (Memiliki Label)
[2] Unsupervised Learning (tidak Memiliki label)
[3] Semi Supervised Learning (gabungan dari supervised learning dan unsupervised learning)
[4] Reinforcement Learning (model yang belajar menggunakan sistem reward dan penalties)

Alpha Go adalah contoh dari reinforcement learning. Alpha Go merupakan sebuah program yang dikembangkan Google DeepMind untuk memainkan permainan Go, sebuah permainan papan yang berasal dari Cina. Alpha Go mempelajari setiap langkah dalam jutaan permainan go untuk terus mendapatkan reward yaitu memenangkan sebuah permainan. Alpha Go menjadi terkenal setelah menjadi program komputer pertama yang berhasil mengalahkan pemain profesional.

Jika Anda tertarik ingin membuat Machine Learning, saran kami gunakanlah bahasa pemrograman Python. Python adalah bahasa paling populer yang digunakan oleh para Data Scientist dan pengembang Machine Learning (ML). Salah satu alasan yang menarik adalah beberapa perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Facebook memilih Python sebagai bahasa utama untuk framework machine learning mereka yaitu, Tensorflow dan Pytorch.

Baik, demikian penjelasan mengenai penjelasan Machine Learning.
Salam.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 178 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>