Kegunaan Google Virtual Private Cloud (VPC) | ILMU PROGRAMMER
Home » Kegunaan Google Virtual Private Cloud (VPC)

Kegunaan Google Virtual Private Cloud (VPC)

   

Hai, Pada artikel ini penulis ingin berbagi pengetahuan mengenai apa sih Google Virtual Private Cloud atau bisa disingkat VPC, dan apa sih kegunaannya dalam jaringan cloud yang kita buat. Kita juga akan bahas mengenai Perbedaan IP Public dan IP Private pada Cloud SQL dan hubungannya dengan VPC di Google Cloud Platforms.

Sebelumnya bagi kamu yang baru menemukan blog ini, perkenalkan blog ini membahas mengenai Teknologi Programming meliputi SAP, Cloud Computing, Back End, Front End , mobile Apps. Jika artikel ini bermanfaat bisa di bookmark / share agar ikut serta dalam berbagi ilmu :-).

Mari kita mulai

Google Virtual Private Cloud

Google – Virtual Private Cloud (VPC)

Google Cloud Virtual Private Cloud (VPC) menyediakan fungsionalitas jaringan ke instances Virtual Machine (VM) Compute Engine, container Google Kubernetes Engine (GKE), dan lingkungan fleksibel App Engine. VPC menyediakan jaringan untuk layanan berbasis cloud yang kita gunakan dan bersifat global, skalabel, dan fleksibel.

VPC memungkinkan Kita menggunakan resource GCP ke jaringan virtual yang telah kita tentukan. Jaringan virtual ini sangat mirip dengan jaringan tradisional yang kita operasikan di pusat data kita sendiri, dengan manfaat menggunakan infrastruktur yang dapat diskalakan di cloud.

Baca juga: APP Engine Laravel fast step-by-step Connect to Private IP Cloud SQL with Serverless VPC Access Google Cloud Platforms (GCP)

Kegunaan VPC untuk Keamanan Cloud

Penulis mengutip dari sumber alibaba , mengatakan bahwa Layanan virtual private cloud (VPC) yang menyediakan jaringan cloud yang terisolasi untuk mengoperasikan sumber daya di lingkungan yang aman. Menurut sepengalaman penulis penting menggunakan VPC sebagai keamanan tambahan agar tidak semua bisa akses data ke cloud kita jika terjadi hack data atas web yang kita buat.

Misalkan seperti artikel APP Engine Laravel fast step-by-step Connect to Private IP Cloud SQL with Serverless VPC Access Google Cloud Platforms (GCP) , kita bisa menggunakan Apps Engine untuk membuat website yang kemudian mengakses ke database misalkan disini Google SQL Cloud .

Pada SQL Cloud Google menyediakan IP Public dan IP Private, Jika kita memakai IP Public artinya IP Kita akan bisa diakses global oleh siapa saja, menurut penulis ini kurang baik, karena perlu pengamanan ekstra seperti mengaktifkan SSL Certificate pada Google Cloud SQL dan masih tetap beresiko karena IP kita masih public.

IP Public & Private Google Cloud SQL

Ada opsi pemakaian Private IP agar yang bisa akses hanya didalam project cloud saja, tidak bisa diakses oleh public, disinilah kegunaan Virtual Private Cloud untuk menghubungkan web yang dibuat dari Apps Engine agar dapat terkoneksi ke database cloud SQL menggunakan IP Private (Local).

VPC membantu Kita membangun lingkungan jaringan yang terisolasi berdasarkan Cloud termasuk menyesuaikan rentang alamat IP, segmen jaringan, tabel rute, dan gateway. Selain itu, Kita dapat menghubungkan VPC dan IDC tradisional melalui leased line, VPN, atau GRE untuk menyediakan layanan cloud hybrid.

Cloud Computing

Biaya VPC Google Cloud

Untuk menggunakan VPC pada Google Cloud memiliki 4 informasi harga yaitu ingress traffic , egress traffic, Premium Tier dan Standard Tier, selengkapnya bisa merujuk ke halaman Pricing Information VPC Google.

Ingress traffic

Traffic yang masuk ke resource Google Cloud, seperti VM. Jika Anda mengirim lalu lintas antara dua VM, lalu lintas dihitung sebagai lalu lintas keluar saat meninggalkan satu VM dan dihitung sebagai lalu lintas masuk saat tiba di VM lain.

   

Egress traffic

Traffic yang keluar dari resource Google Cloud, seperti VM. Lalu lintas keluar dikenai biaya berdasarkan apakah lalu lintas menggunakan alamat IP internal atau eksternal, apakah lalu lintas melintasi batas zona atau wilayah, apakah lalu lintas keluar atau tetap berada di dalam Google Cloud, dan seberapa jauh lalu lintas berjalan sebelum meninggalkan Google Cloud. Saat dua VM atau dua sumber daya cloud internal ke Google Cloud berkomunikasi satu sama lain, ada dua jalur lalu lintas—satu di setiap arah. Lalu lintas di setiap arah ditetapkan sebagai jalan keluar di sumber dan masuk di tujuan, dan setiap arah diberi harga yang sesuai.

Premium Tier

Tingkat Layanan Jaringan Tingkat Premium memanfaatkan tulang punggung premium Google untuk membawa lalu lintas ke dan dari pengguna eksternal Anda. Internet publik biasanya hanya digunakan antara pengguna dan titik masuk jaringan Google terdekat.

Standard Tier

Tingkat Layanan Jaringan Tingkat Standar memanfaatkan internet publik untuk membawa lalu lintas antara layanan Kita dan pengguna Kita. Meskipun menggunakan internet publik memberikan kualitas layanan yang lebih rendah, namun lebih ekonomis daripada Premium Tier.


Nah, gimana sudah sedikit mengetahui kegunaan VPC ya, semoga artikel ini bermanfaat.

   

Komentar

Open chat
Perlu Bantuan Konsultasi ?
Hallo Pembaca.
Telp (021) 55670115 untuk terhubung langsung dengan kami.

Apakah ada yang bisa kami bantu?