CARA MEMULAI KARIR SEBAGAI KONSULTAN TEKNOLOGI SAP

   

Mungkin diantara kamu sering mendengar istilah bekerja sebagai konsultan di bidang Teknologi atau IT.

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, teknologi, hukum dan sebagainya. SAP adalah alat teknologi untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif.

Kalau kita lihat sejarahnya berawal Pada tahun 1970an, lima mantan karyawan IBM menciptakan sistem akuntansi keuangan yang disebut dengan SAP R/1.

di akhir 1970-an perusahaan-perusahaan Eropa multinasional besar yang membutuhkan aplikasi bisnis lunak real-time, dengan kemampuan multi-currency dan multi-bahasa terciptalah SAP R/2 sebagai pengganti SAP R/1.

pada tanggal 6 Juli 1992 munculnya distribusi client-server computing lalu SAP mengeluarkan versi client-server perangkat lunak terciptalah SAP R/3.

SAP itu sendiri terdiri dari sejumlah modul aplikasi,  modul modul tersebut mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung dari satu module ke modul lainnya.

Inilah program SAP, software canggih yang membantu perusahaan untuk melakukan operasional bisnis mereka sehari-hari.

SAP telah banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan dari yang levelnya menengah sampai perusahaan besar,

Seperti contohnya di Indonesia: Nabati, Kobe Boga Utama, KrakatauSteel, dan banyak perusahaan besar lainnya di dunia yang menggunakan software buatan jerman ini

Jadi, jika kamu mempunyai mimpi untuk bekerja di perusahaan perusahaan ternama , menjadi konsultan SAP sangat cocok untuk kamu pertimbangkan.

Ada banyak cara untuk kamu berkarir menjadi KONSULTAN SAP.

SAP memiliki banyak modul yang wajib kamu pilih sebelum memulainya.

Contohnya, Jika kamu suka denga infrastruktur seperti perbaikan Server SAP, konfigurasi jaringan SAP, atau Konfigurasi Database SAP kamu bisa ngambil modul SAP BASIS.

Jika kamu suka Programmer, Melakukan perubahan program standard SAP, maka kamu bisa mengambil modul SAP ABAP.

Jika kamu suka menganalisa kebutuhan client dan berhubungan langsung dengan USER dan melakukan Konfigurasi sesuai bisnis proses client, maka Functional SAP cocok buat kamu.

Functional SAP dibagi lagi menjadi beberapa modul.

Ada Module FICO bagi kamu yang memiliki latar belakang Accounting ,

Ada module MM bagi kamu yang suka menganalisa Inventaris barang masuk dan keluar,

Ada module SD bagi kamu yang suka menganalisa penjualan dan distribusi produknya dan masih banyak lagi.

Setelah kamu memilih module sesuai Passion kamu, berikut beberapa yang bisa kamu lakukan untuk berkarir menjadi Konsultan SAP.

Yang pertama, kamu bisa mengikuti pelatihan & sertifikasi SAP, tetapi sertifikasi SAP itu mahal ya, berikut gw kasih biaya sertifikasinya. diambil dari https://training.sap.com/certification/validity Disitu ada banyak sertifikasi SAP buat kamu,

Contohnya karena gw pengen sertifikasi Programmer Module SAP ABAP, gw pilih SAP Certified Development Specialist – ABAP for SAP HANA 2.0. Terlihat harganya ya, hanya untuk sertifikasi kamu harus ngeluarin uang sebesar 7jutaan. Dan jika kamu gagal pada sertifikasi tersebut, uang kamu bakal hangus.

Jika kamu memiliki budget yang pas pasan , mungkin cara kedua ini bisa kamu gunain. Caranya kamu harus Bergabung dengan perusahaan konsultan SAP, Contoh konsultan IT SAP seperti IBM, Metro Data, Accenture sebagai konsultan junior.

Dengan cara kamu bergabung dengan perusahaan konsultan SAP, kamu memiliki banyak keuntungan diantaranya adalah kamu bisa belajar SAP dengan mengikuti setiap project SAP pada perusahaan tersebut.

Cara ketiga, jika kamu masih belum memiliki budget dan belum ada kesempatan untuk bergabung di perusahaan konsultan tenang ya,kamu bisa belajar mandiri dari resource yang ada di internet termasuk diwebsite ini yang gw buat untuk kamu yang ingin belajar lebih mendalam mengenai Konsultan Teknologi termasuk menjadi Konsultan SAP.

Ok guys, pada akhirnya semua tertuju dengan berapa sih gaji seorang konsultan SAP,

Gaji konsultan SAP untuk Freash Graduate di AS adalah dari $ 48.000 sampai $ 60.000 Pertahunya dan bonusnya adalah dari $ 1.000 sampai $ 2.000.

Sedangkan di Indonesia berkisar 5-7 Juta untuk Fresh Graduate dan 20-70 Juta untuk Konsultan Senior.

So , Tidak ada jalan rata dan pintas menuju sukses! Sewaktu-waktu, rintangan,  kesulitan, dan kegagalan selalu datang menghadang. Hanya dengan mental dan tekad yang kuat, tetap menjaga komitmen dan berjuang menyingkirkan/menyelesaikan halangan & rintangan, kita akan mencapai puncak kesuksesan.

   

Wahyu Amaldi, M.Kom has written 178 articles

Hallo Pembaca,
Saya merupakan konsultan di dunia SAP dan merupakan Spesialis .Net Programming.
Saya gemar berbagi pengalaman mengenai SAP & Dunia Programming, dan jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa hubungi saya di email berikut ini:

Email 1 : wahyu.amaldi@outlook.com
Email 2 : wahyu.amaldi@ilmuprogram.com

Semoga Artikel yang Anda baca di website ini berguna dan dapat membantu Anda dalam menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>